Langsung ke konten utama

MY FUTURE PLAN🌹

 

Assalamualaikum! Hello, welcome to my biology blog again!

Masih sama seperti blog kemarin-kemarin, ini masih tugas dari guru Biologiku yaitu Ummi Echi. Kali ini aku lebih bercerita tentang 'plan' atau rencanaku di masa depan. Juga beberapa hal yang sudah kulakukan untuk meningkatkan skill atau kemampuan yang aku miliki.

langsung kita bahas ya~

Take a breathe and enjoy reading~


Before that, I want to show you my mind map about this topic. Here we go~


     PENGERTIAN 4C

Setidaknya Indonesia mempunyai kurikulum 2013 yang nantinya bisa dipadukan dengan pembelajaran abad 21. Terdapat elemen yang mampu merepresentasikan apa itu pembelajaran abad 21, diantaranya adalah Creativity and Innovation, Collaboration, Communication, Critical Thinking and Problem Solving. Dan di bawah ini adalah penjelasannya:

Creativity and Innovation (Daya Cipta dan Inovasi)

Di elemen ini siswa akan diajak untuk bisa membiasakan diri dalam melakukan dan menjelaskan setiap ide yang ada di kepalanya. Ide tersebut akan dipresentasikan kepada teman kelas secara terbuka sehingga nantinya akan timbul reaksi dari teman kelas. Aktivitas ini bisa menjadikan sudut pandang siswa menjadi luas dan bisa terbuka dengan setiap pandangan yang ada.

Collaboration (Kerjasama)

Elemen kerjasama ini akan mengajak siswa untuk belajar membuat grup (kelompok), menyesuaikan dan kepemimpinan. Pada dasarnya tujuan kerjasama ini agar siswa bisa bekerja lebih efektif dengan orang lain, meningkatkan empati dan mau menerima pendapat yang berbeda.

Selain itu manfaat utama dari kerjasama ini akan melatih siswa untuk bisa bertanggung jawab, mudah beradaptasi dengan lingkungan, masyarakat dan bisa memasang target yang tinggi untuk grup dan individu.

Communication (Komunikasi)

Elemen ini akan meminta siswa untuk bisa menguasai, mengatur (manajemen) dan membuat hubungan komunikasi yang baik dan benar secara tulisan, lisan maupun multimedia. Siswa akan diberi waktu untuk mengelola hal tersebut dan menggunakan kemampuan komunikasi untuk berhubungan seperti menyampaikan gagasan, berdiskusi hingga memecahkan masalah yang ada.

Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis & Pemecahan Masalah)

Elemen ini merupakan elemen paling krusial (penting) pada pembelajaran 21 ini. Berpikir kritis dan pemecahan masalah akan mengajak siswa untuk bisa berpikir secara deduktif dan induktif secara mandiri yang bertujuan untuk menguasai dan mampu menyelesaikan masalah yang rumit.

RENCANA

Pertama, rencana yang sudah kulakukan untuk meningkatkan skill yang tertera di atas adalah dengan berorganisasi. Dahulu, aku adalah anak yang cendrung malas untuk bergaul dan berorganisasi. Tetapi saat mulai memasuki SMA, aku mulai berpikir bagaimana cara aku dapat sering berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain? Karena diriku sendiri termasuk pribadi yang cukup tertutup dan pemalu.

Setelah memasuki SMA, aku mulai mengerti pentingnya berorganisasi dan manfaat-manfaat lainnya. Aku mengerti apa pentingnya skill 4c yang sudah di bahas di atas. karena kita termasuk makhluk sosial yang pasti membutuhkan pertolongan orang lain dan tidak bisa berdiri sendiri.

Maka dari itu aku memutuskan untuk mengikuti organisasi di sekolah ini. Setelah merasakan bagaimana rasanya menjadi bagian dari sebuah organisasi, ternyata benar kata orang-orang. Berorganisasi sangat penting dan berpengaruh cukup besar untuk masa depan kita sebagai masing-masing individu ataupun sebagai makhluk sosial.

Kedua, aku mulai mempelajari beberapa video-video tentang pembelajaran di abad ke-21 ini. mulai dari video-video pembahasan soal-soal HOTS atau soal-soal yang melatih logika atau video-video pembelajaran yang berasal dari aplikasi yang tersedia. Aku juga suka bermain game yang mengasah kemampuan berpikir secara nalar. banyak yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan dan mempelajari skill-skill penting di atas.

Ketiga, mengikuti pelatihan-pelatihan atau camp-camp inovatif untuk pembelajaran dan bekal bagi diriku sendiri. Sejauh ini aku pernah mengikuti training kepribadian, english camp, dan Tahfidz camp.
 
sekarang kita membahas tentang rencana. Sebuah rencana yang masih kupikirkan dan tentu ingin kuwujudkan adalah, aku ingin berubah menjadi pribadi yang tidak terlalu introvert dan pemalu. Aku ingin bisa lebih sering bekerja sama dan berbicara bebas kepada orang lain. Juga ingin belajar untuk dapat berbicara di depan banyak orang demi melatih skillku sendiri.

Juga, aku ingin banyak belajar dari buku-buku soal yang dapat melatih kemampuan berpikirku, dan tentunya bekerja sama dengan orang lain saat mengerjakannya. 

Mungkin masih banyak sekali rencana-rencanaku untuk kedepan yang belum dapat atau tidak dapat kutulis satu persatu. lain kali akan kubagi cerita dan pengalaman-pengalaman menarik dari kehidupanku.

Jangan lupa bersyukur:).



See you next blog!~



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM ISOLASI DNA BUAH PISANG

  LAPORAN PRAKTIKUM ISOLASI DNA BUAH PISANG     Laporan Praktikum Diajukan untuk Memenuhi Tugas pada Mata Pelajaran Biologi       Disusun Oleh: Nabila Rahil Ainanisa (0033854522)       LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN SMAS UNGGULAN AR-RAHMAN SUKABUMI 2021 LEMBAR PENGESAHAN     Laporan Praktikum sebagai Syarat untuk Mengikuti Ujian Sekolah       Menyetujui, Kepala Sekolah SMAS Unggulan Ar-Rahman     Suwandi, S.E     Guru Mata Pelajaran Biologi     Desy Lestari, S.Si KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Laporan Praktikum Isolasi DNA Buah Pisang” ini tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari penulisan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata pelajaran Biologi. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang cara mengisolasi DNA pada buah pisang

TTSK (TEKA TEKI SISTEM KOORDINASI)👻

Assalamualaikum🤚 terimakasih sudah mampir di blog ini~~ Selama masa quarantine ini ada saatnya kalian pasti jenuh dan bosan. Mau keluar, gak boleh. Tapi di rumah aja juga boseeeen banget. Kira-kira, apa ya yang bisa kita lakuin selama 'di rumah aja'?? NAH! Kebetulan banget nih! Di masa jenuh-jenuhnya kayak gini, guru biologiku aka Ummi Echi, < http://desylestarialamku.blogspot.com/2017/04/blog-post.html?m=1 > memberikan sebuah tugas yang cukup menantang lagi! Yaitu membuat TTS! Iya, Teka-Teki Silang. Kakak-kakak yang lahir tahun 90-an, masih inget gak sama permainan ini??? Atau rindu gak sih sama permainan yang mengasah pengetahuan dan kesabaran kita ini?? Hehe. Nah tapi, kali ini aku bukan membuat TTS dengan tema yang mudah kayak 'binatang' atau 'negara'. Wkwk. Aku membuat TTS dengan tema yang cukup menantang. Dan diberikan untuk manusia yang menyukai tantangan hehe. Karena tantangan ini diberikan oleh guru Biologi, tentu TTSnya juga berhubun

Belajar dari Sebuah "Jurnal Refleksi Awal Tahun Ajaran"

Assalamualaikum readers ! Apa kabar? Masih sanggup bertahan? Aseeek. Gimana nih? Udah pada naik kelas kan??? Kali ini, seperti biasa aku membuat blog berdasarkan tugas dari guruku yaitu Ummi Echi < http://desylestarialamku.blogspot.com/2017/04/blog-post.html?m=1 >, selaku Guru Biologiku di SMA. Semoga tulisanku kali ini akan membuka mata para readers dan semoga juga bisa menjadi bahan pelajaran dan pertimbangan nantinya✨ let's check it out! Take a breathe and enjoy reading! Eitss, tunggu-tunggu. Sebelum mulai membaca, ada baiknya kita membaca apa??? Nah, oke. Sekarang baru boleh. Hehe. 1. Hal-hal apa yang bisa menjadikan diriku bersyukur di pagi hari ini Aku baru aja dapet sebuah kutipan seperti ini, Nah, mungkin kutipan dari 'AA Gym' ini yang sebenarnya membuat aku terus nge- reminder diriku buat terus ingat dan jangan pernah sampai lupa bersyukur. Readers  cara kita untuk bersyukur itu bisa dilihat dari banyaak sisi lho! Bahkan se